Minggu, 27 Januari 2019

Free Ebook Dua Dunia Seirama: Secarik Kisah Pengalaman Menulis Pustakawan Blogger

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan rahmat, hidayah, serta kemudahan bagi saya untuk bisa merangkai kata demi kata sehingga bisa terbitlah buku sederhana ini. Buku yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman-pengalaman pribadi tentang dunia menulis, mulai ketika saat masih menjadi mahasiswa hingga sudah bekerja sebagai pustakawan sekaligus blogger.

Proses menulis setiap individu tentu akan berbeda- beda. Begitu pula dengan yang saya alami sendiri. Buku ini saya beri judul Dua Dunia Seirama, di mana diartikan saya sebagai seorang pustakawan sekaligus blogger. Meskipun keduanya memiliki dunia yang berbeda, tapi menurut hemat saya, ada pekerjaan yang keduanya memiliki aktivitas yang seirama, yakni menulis.

Satu hal yang menjadi catatan kecil, menyoal menulis tentu bukanlah perkara bakat. Namun, faktor latihan yang dilakukan secara terus-menerus. Masih banyak individu yang menyangka bahwa untuk bisa menulis itu dikarenakan adanya bakat. Padahal, tentu itu bukan suatu hal yang mutlak. Seandainya seseorang tersebut mempunyai bakat, maka itu hanya mempercepat proses kemampuan itu sendiri. Tentunya jika itu ditunjang dengan latihan secara terus-menerus sehingga akan lebih mudah dan cepat. Namun demikian, hal itu juga terjadi sebaliknya. Walaupun memiliki bakat, tapi tanpa ditunjang dengan latihan, maka yang terjadi adalah tak ada kemampuan untuk bisa menulis. Pendek kata, kemampuan menulis itu ditentukan oleh frekuensi latihan setiap harinya.

Buku ini terdiri dari 23 bab, tiap-tiap bab ditulis secara mandiri sehingga tidak harus dibaca secara berurutan. Selain terbit dalam format cetak edisi terbatas, buku ini juga terbit dalam format ebook (PDF) dan bersifat gratis. Jadi, silakan bagi para pembaca bisa membagikan buku ini kepada orang lain khususnya para pustakawan. Dari 23 tulisan, dua diantaranya pernah diterbitkan di Republika dan blog pribadi. Sementara yang lainnya adalah tulisan baru yang belum pernah sama sekali dipublikasikan di media manapun.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penerbitan buku ini. Harapan saya semoga secarik pengalaman menulis ini bisa bermanfaat untuk para pembaca. Buku ini tentunya masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, silakan para pembaca bisa berkomentar dengan mengirimkan saran atau kritik melalui email muradmaulana83@gmail.com, m.maulana@bapeten.go.id atau WhatsApp di nomor  0813-1797-6674 , . Selamat membaca.
Download

0 komentar:

Posting Komentar