Rabu, 06 Februari 2019

10 Drama Korea Beraroma Perpustakaan


Perpustakaan sering dianggap tempat yang suram, kelam dan bahkan menyeramkan. Jadi kepikiran nulis postingan tentang drama-drama Korea yang beraroma perpustakaan. Drama-drama ini merepresentasikan bahwa perpustakaan menjadi salah satu tempat romantis dan bahkan ujung-ujungnya buat modus, hahaha... :D Sebenarnya lumayan banyak juga drama bersetting di perpustakaan, tapi ini yang memang pernah saya tonton. Apa aja? Yuk simak… 😉

Adalah Kim Sul Woo yang diperankan oleh Park Hae Jin. Merupakan agen ghost gitu. Pekerjaannya menangani sebuah kasus besar, dan paling sering bersinggungan dengan perempuan. Yang menyakitkan, dia selalu menghilang saat kasus berakhir. Muka Agen Kim ini meski tjakep, tapi lempeng banget, kaku macam kanebo x))
Nah, trik yang sering digunakannya adalah ngemodusin cewek-cewek yang dekat si target. Salah satunya ini, si cewek adalah anak si target, dimodusin pas di perpus x))
Untuk tahun 2016 memang lagi musim drakor bertema time travel, begitu juga ama drama terakhirnya Lee Min Ho (sebelum wajib militer) ini. Adalah tiga komplotan yang memiliki keahlian masing-masing dalam hal menipu klien. Mereka bisa menjadi pengacara, bisa menjadi orang kaya, bisa menjadi apa pun yang mereka. Lewat penipuan demi penipuan, mereka bisa hidup mewah. Segala macam mobil sampai apartemen mewah pun mereka miliki. Tapi ya itu, mereka harus hidup sembunyi-sembunyi. Mereka juga jadi bahan incaran detektif.
Ehem, Heo Joon Jae mencari tahu masa lalunya ke perpustakaan:
Epik itu pas Shim Cheong baca tentang putri duyung di buku anak-anak pas ke perpustakaan:
Awalnya, tahu Goblin hanya sebatas mahluk aneh semacam peri, memiliki tubuh kecil, berwarna hijau dan bertelinga runcing. Kalau suka baca Harry Potter, pasti nggak asing dengan mahluk sejenis goblin.
Tapi, Goblin di drama ini berbeda. Goblin di sini Ahjussi rasa Oppa, wkwkwk… Awalnya drama ini bernama goblin yang merupakan salah satu jenis mahluk tokoh utama dalam drama ini. Tapi, diganti menjadi Guardian: The Lonely and Great God. Seperti kita ketahui, image jahat melekat dalam sifat goblin, sedangkan Kim Shin dalam drama ini sebenarnya nggak jahat, padahal menurutku dia ini iseng banget. Jadi, kata guardian lebih cocok kali ya, apalagi di awal episode Eun Tak mengira si paman goblin ini adalah malaikat penjaganya.
Ahjussi Kim Shin sering baca buku loh:
Ati-ati kalo ke perpustakaan, khawatir tersesat ke negara lain x))
Mengangkat kehidupan remaja. Tepatnya remaja-remaja di kalangan menengah ke atas, kita bisa mengetahui bahwa menjadi anak orang kaya seperti Kwon Shi Yun, Choi Soo Ji, dan Lee Se Joo bukan berarti hidup tanpa masalah, malah yang ada masalah mereka lebih ruwet daripada remaja biasa. 
Kwon Shi Hyun yang diperankan oleh Woo Do Hwan yang awalnya terlihat seperti mengalami sindrom mother complex, soalnya selalu demen deketin perempuan yang jauh lebih tua darinya. Padahal statusnya masih pelajar loh x)) Karena suatu hal, Woo Do Hwan mendekati Eun Tae Hee. Sementara Eun Tae Hee justru berkomitmen pada dirinya sendiri untuk nggak mau menjalin hubungan dengan lawan jenis agar fokus dengan kuliahnya yang ia dapatkan dengan perjuangan yang nggak mudah. Eun Tae Hee ini diperankan oleh Jor member Red Velvet.
Lha gimana Eun Tae Hee yang awalnya mengabaikan akhirnya meleleh kalo tiap hari dipepetin terus ama Woo Do Hwan, termasuk pas tiap magang di perpus kampus x))
Semenjak bersama Aji 3 (robot perempuan), Kim Min Kyu yang selama belasan tahun hidup sendirian, merasa terbantu. Bukan hanya itu, dia benar-benar jatuh hati pada si robot dan sangat berharap si robot Aji 3 adalah benar-benar manusia.
Bahkan Kim Min Kyu sampe ngajak si robot cantik kencan di perpustakaan:
 
  

Si robot pinter banget, nata buku ampe berbentuk love gini x))

5. Suits
Adalah Go Yeon Wo yang diperankan oleh Park Hyung Sik, seorang drop out SMA, yatim piatu sejak kecil dan hanya tinggal bersama neneknya yang bertahun-tahun sakit di Rumah Sakit. Hidupnya memang penuh dengan cobaan. Meski begitu, dia memiliki kecerdasan di atas rata-rata, bisa mengingat semua yang dia lihat atau dibaca. Hingga tanpa sengaja, Go Yeon Wo diterima sebagai pengacara (gadungan karena tidak mempunyai lisensi sebagai pengacara). Resiko ini sudah Choi Kang Seok saat awal menerima Go Yeon Wo yang suatu hari bakal menjadi boomerang empuk sebagai kelemahannya kelak.

Si dedek berusaha keras, semua buku dibacanya nih x))
 

Perpustakaan kantornya keren:

Gimana nggak meleleh kalo pas ubek-ubek berkas di perpustakaan kantor kalo kayak gini x))
 

Ceilaaahhh...


Bercerita tentang sepasang suami istri yang sudah menikah selama belasan tahun, harus mengalami ujung tombak pernikahan; perceraian. Masing-masing merasa hidup mereka sudah tidak sejalan lagi. Dramanya tidak menggurui. Dari sekian banyak drama yang saya tonton, kayaknya baru drama ini yang membumi alias permasalahan yang diangkat sehari-hari banget dan juga biasanya kalo drakor lain akan berakhir pada pernikahan, justru drakor ini dimulai dengan perceraian.

Lumayan banyak adegan di perpustakaan. Mulai dari horor sampai romantis. Kasih yang horor dulu. Jadi pas episode keempat, angkatan Ma Jin Joo mendapat tantangan dari kakak kelas mereka untuk menemukan sebuah amplop merah di perpustakaan referensi fakultas mereka yang terkenal horor. Selama ini belum ada satu pun yang berhasil menjalankan misi ini. Siapa sangka jika Ma Jin Joo mencoba tantangan ini:




Aih...udah berhasil menjalankan misi, ada insiden di perpustakaan. Untung ada kakak angkatan yang tanggap, siapa lagi kalo bukan Jung Nam Gil x))



Nih, ada scene di mana Ma Jin Joo nyari buku di perpus nggak ada ternyata udah dipinjem duluan ama Choi Ban Do.




Kalo ini ada scene meski norak-norak bergembira, tapi sweet juga kok, wkwkwk... :D Saat Choi Ban Do masih pedekate ama Ma Jin Joo x))








heart-1

Untuk yang ini sebenarnya bukan drama sekali abis alias masuk katergori film. ini settingnya perpustakaan banget. Yang cewek pustakawan, sedangkan yang cowok pemustaka.

Film ini menceritakan tentang Eun Soo (Kim Eugene) seorang pustakawan, menangkap seorang pria yang sedang merobek halaman buku dari perpustakaan itu. Pria tersebut adalah Jun Oh (Lee Dong Wook),tapi anehnya setiap halaman 198 dari buku tersebut ia robek. Eun Soo pun semakin penasaran dengan Jun Oh, jadi ia menyelidiki kenapa Jun Oh selalu merobek halaman 198 dari setiap buku. Ternyata kekasih Jun Oh menghilang dan hanya meninggalkan pesan “Lihat halaman 198″ jadi untuk menemukan maksud dari ucapan kekasihnya itu ia mencari setiap hal 198 dari setiap buku. Karena kasihan dengan Jun Oh,Eun Soo pun membantunya untuk menemukan maksud dari pesan kekasihnya itu. Tidak mudah untuk menemukan buku yang dimaksud kekasih Jun Oh, karena kekasihnya meminjam hampir 1000 buku dari perpustakaan itu, jadi Eun Soo dan Jun Oh harus bergadang untuk menemukan buku itu. Tetapi mereka belum bisa menemukan pesan itu.


Adalah Park Bo Young yang memerankan Do Bong Soon yang berbeda seperti perempuan pada umumnya. Dia memiliki kelebihan yang juga bisa menjadi kelemahannya. Sudah ditakdirkan sejak zaman nenek moyangnya secara turun, perempuan yang lahir mendapat kutukan memiliki kekuatan yang super. Meski memiliki kekuatannya ini banyak menguntungkannya, sebenarnya juga memiliki banyak kekurangan yang kerap menimpanya. Salah satunya adalah di mata Kook Doo yang diperankan oleh Ji Soo (pernah main di Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo). Kook Doo lebih menyukai perempuan tipe kosmos, yang artinya lemah atau rapuh hingga bisa dilindunginya. Sedangkan Bong Soon jauh dari karakter itu. Dia bisa melakukan hal-hal tanpa pertolongan lain, bahkan bisa melakukan hal-hal yang tidak masuk akal seperti mendorong bus ataupun melempar sekumpulan preman x))
Ini scene di perpustakaan paling baper diantara drama yang lain x))
Tiati, dibalik rak perpustakaan ada yang ngintip loh x))
 

Cie-cie…piknik sambil baca komik bareng x))
Nah, di drama ini juga aroma bukunya kuat banget. Nggak hanya rumahnya Han See Jo (penulis terkenal) yang bookshelf goals banget, rumah tokoh lainnya pun juga.
Rumahnya Han See Jo, bookshelf goals banget
Gak mau kalah, ruang kerjanya Baek Tae-Min (penulis juga) pun bookshelf goals banget:
Kalo ini kamar Baek Tae-Min di rumah orangtuanya. Banyak juga buku-bukunya:
Kamarnya Jeon Seol meski harus barengan Ma Bang-Jin juga banyak buku:
Begitu juga dengan rumahnya penulis senior, Baek Do-Ha juga bookshelf goals:

Nah, mana drama Korea beraroma perpustakaan favoritmu? 😉


Ditulis oleh
Luckty Giyan Sukarno
Pustakawan SMA Negeri 2 Metro, Lampung

3 komentar:

  1. My fave: Chicago typewriter! Ngiler liat rumah2 dengan bookshelves ituuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemeran utamanya yang cowok, aku pernah 'intip' instagramnya ternyata dia memang suka baca buku :*

      Hapus
  2. ada juga drama yang mengangkat tema perpusatakaan, "What's wrong with secretary Kim"

    BalasHapus