Senin, 20 Januari 2020

Apakah Sekolah Memandulkan Intuisi Kita ?

Oleh : Bambang Haryanto

Mobil patroli polisi menanti lampu hijau menyala. Opsir tua menyopir. Mitranya, yang muda,mengamati mobil BMW baru yang ada di depan mereka. Dia lihat sopirnya merokok. Sendirian. Lalu membuang abu rokok ke jok kosong.

"Membuang abu rokok ke jok mobil baru?" Insightnya berputar keras. "Tidak mungkin pemilik melakukan hal itu.Tidak juga teman si pemilik mobil tersebut."

Gotcha !

***

Kenneth Williams, agen FBI di Phoenix, Arizona, AS, mengendus hal mencurigakan. Dua bulan sebelum 11 September 2011 ia melihat sejumlah warga Arab ambil les menerbangkan pesawat.

Herannya, mereka tidak berlatih hal yang paling penting dari penerbangan : saat take-off dan landing.

Insight Williams terpatuk. Tanggal 10 Juli 2011 dia kirim memo ke markas besar FBI. Sohor sebagai Memo Phoenix. Dia menyarankan mengawasi aktivitas serupa di seluruh negeri. Juga memeriksa visa orang asing yang belajar penerbangan di Amrik. Sayang, memonya tidak digubris markas besar FBI.

Kedua cerita tentang insight itu saya baca dari buku Seeing What Others Don't (2013), karya Gary Klein.

***

Ketajaman insight di era VUCA yang banyak kekaburan akan jadi faktor pembeda kita meraih sukses. Sayangnya, di pendidikan kita, murid-murid terpenjara dalam tembok. Pepatah luhur alam terkembang jadi guru, hanya jadi slogan belaka!
           
 

0 komentar:

Posting Komentar