Senin, 09 Mei 2022

Parameter Sukses Pustakawan

Menyoal sukses, saya atau mungkin anda sepakat bahwa sukses itu ada banyak parameternya. Lalu, jika dikaitkan dengan karir seorang pustakawan, kira-kira apa saja parameter sukses pustakawan itu? 

Parameter Sukses Pustakawan

Pertama, terkait pendidikan. Apakah anda setuju pustakawan yang bergelar doktor masuk dalam kategori pustakawan paling sukses? 

Kedua, jabatan. Secara hirarki karir pustakawan itu kalau mau disimpulkan, ya kepala perpustakaan. Anda yang pernah menduduki ditingkatan ini, sudah merasa sukseskah? Oh iya, satu lagi diplat merah mungkin kita kerucutkan karir tertinggi itu menjadi pustakawan utama atau katakanlah pustakawan senior dengan pangkat/golongan yang cukup tinggi, bahkan hingga mentok 4E. 

Ketiga, karyanya. Kalau membahas masalah karya, itu konteksnya luas. Jenis dan outpunya juga luas. Tapi, sejatinya karya itu tentu saja esensinya pada manfaat. Jadi, sejauh mana karya itu bermanfaat?

Keempat, penghasilan. Menyoal ini, masih banyak yang diskusi terkait penghasilan seorang pustakawan. Apakah penghasilan tinggi seorang pustakawan termasuk dalam kategori sukses juga? 

Kelima, dedikasi. Khusus yang ini akan berkaitan dengan idealisme seseorang dalam menjalani pekerjaannya sebagai seorang pustakawan. Bagaimana dengan anda? 

Keenam, tempatnya bekerja. Bisa jadi anda merasa sukses apabila bekerja sebagai pustakawan di kantor atau organisasi atau perusahaan bonafide? Atau bahkan mempunyai perusahaan sendiri dibidang kepustakawanan misalnya sebagai konsultan. Bagaimana?

Enam itu saja dulu. Pastinya masih ada banyak parameter lainya yang belum saya sebutkan diatas misalnya merasa sukses apabila diundang kemana-mana sebagai pakar, menjuarai lomba kepustakawanan atau berbagai prestasi lainya, mempunyai kedudukan penting di organisasi kepustakawanan, mempunyai banyak teman akrab pemustaka, memiliki skill mumpuni dan lain sebagainya.

Satu hal yang perlu menjadi catatan penting, sepertinya menyoal sukses pustakawan itu, pasti tidak tunggal. Namun demikian, biasanya ada faktor dasar misalnya terkait mindset dan cita-cita setiap individu. Kalau teman-teman pustakawan bagaimana? Sudah merasa sukseskah? Atau belum? Atau merasa cukup saja dengan dalih yang sudah umum diucapkan oleh banyak orang, misalnya "ngalir saja seperti air."

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga sukses...

0 komentar:

Posting Komentar