Senin, 06 Maret 2023

KEPUSTAKAWANAN ADA DI BANYAK SISI KEILMUAN

Sirajuddin (Pustakawan)







Tulisan ini untuk memantik kreatifitas pengelolaan informasi, melibatkan diri ke kegiatan kepenulisan. 

Di sisi lantai 3 perpustakaan, di ruang yang cukup asyik untuk ngobrol yang saya desain Bersama teman pengelola perpustakaan di suatu waktu, satu nama ruangan kami pilih untuk menamakannya yaitu “Lib-Working space”. https://lib.iainpare.ac.id/2021/06/kabiro-auak-menghadirkan-scholarly.html 


Tim website kampus dengan portal www.iainpare.ac.id berkonkow banyak hal untuk pengembangan website yang dikelola oleh teman dari disiplin beragam dan ketemu dalam satu kesibukan untuk mengelola dan mempublish pemberitaan.


Di awal sesi pertemuan yang setengah formal ketua Tim yang saya sapa Bang Suher begitu cermat Menyusun sambutan sambutan untuk Kepala biro AUAK yang oleh Rektor didaulat sebagai penanggung jawab web site,  mempersilahkan Kabiro membuka acara, menjadi penanda dimlainya FGD pengelola web.


Sembari mendengar penjelasan Kabiro beberapa dari kami mengangguk faham dan setuju atau menangkap hal yag baru dari kabiro tentang pengelolaan yang berorientasi bagi akreditasi Lembaga sesekali saya mencatatnya dengan aplikasi WPS yang cukup akrab saya gunakan mendokumentasikan tulisan tlisan saya.


Di penjelasan Kabiro saya tangkap bahwa pekerjaan pemberitaan ini akan menjadi bukti fisik atau evidens untuk laporan kinerja Lembaga, dan bukan hal yang sederhana Ketika sekumpulan teman dosen dan non dosen ini diamanahi untuk mengelola pemberitaan Kampus.


Kalau pertanyaan tentang tugas penyebaran berita ini saya sebagai pustakawan lebih suka menyatakannya “ini tugas keNabian” mnyampaikan “Risalah”, dalam kamus istilah fikih disebutkan bahwa risalah mengandung beberapa makna, seperti: surat, keterangan, atau perintah, dalam KBBI dapat pula berarti surat yang dikirim atau karya tulis. https://kbbi.web.id.


Di rung FGD tim web kampus ini benak kami diisi dengan serangkaian informasi tentang tekhnik memberitakan berbagai hal terkait Lembaga mulai dari kegiatan, capain prestasi sampai hal yang sangat sederhana, dan yang saya ingat pesan Rektor, “Menjadi wajib bagi pengelola web untuk memberitakan kegiatan yang berkosekuesnsi anggaran”.


Mendengar presentasi teman melalui slide PPT di dinding ….teman yg selalu keren terlihat dengan perangkat recorder dan manuver jurnalisnya, dalam benak saya memang layak didengar teman yang satu ini……masalah sesederhana What, Why Where mampu dijelaskannya secara gambling, hal sesederhana ini bisa terproyeksi dalam satu materi jurnaslis yang dipresentasikannya.


“Penilaian humas data dan informasi kementerian agama menjadi satu gambaran pencapaian yang membuat rating pemberitaan kita bisa terbaca”, prihal ini kami dengar dari teman redaktur yang dalam waktu dekat ini berjanji untuk mengundang kami pada perhelatan promo doktornya, dalam benak saya ini website berkelas dan bukan ayam sayur karena akan dihuni para dotor.


Spirit menyebar informasi berita ini meradikal di roh kepustkawanan saya …..telaah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan “bahwa Perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan” 


Teman duduk saya kadang berseloroh ngapain menulis berita? …….setengah menghelah saya mempresentasikan ke teman ini tentang kerja- kerja dari seorang pustakawan “menyebar luaskan informasi terseleksi” sebagai ganti kata “menulis berita” menjelaskan tugas saya yang sesederhana yang bisa teman ini fahami tentang menyebar informasi.


Referensi https://jagokata.com Informasi adalah: pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan, Informasi bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.


Sesaat saya meraih kudapan yang disiapkan pelaksana FGD di meja di ruang yang tidak terlalu sempit bagi tim sejumlah kami, kesan santai ini sering kita inginkan sehingga FGD seperti ini kami wacanakan sesantai mungkin……tapi sepertinya tempat ini agak bergeser dari apa yang dibisikkan oleh redaktur handal itu…..hmm mungkin si doi lagi terpesona dengan Lib-Working Space perpustakaan.


#pustakawanbloggerindonesia

0 komentar:

Posting Komentar