Senin, 09 Mei 2022

Parameter Sukses Pustakawan

Menyoal sukses, saya atau mungkin anda sepakat bahwa sukses itu ada banyak parameternya. Lalu, jika dikaitkan dengan karir seorang pustakawan, kira-kira apa saja parameter sukses pustakawan itu? 

Parameter Sukses Pustakawan

Pertama, terkait pendidikan. Apakah anda setuju pustakawan yang bergelar doktor masuk dalam kategori pustakawan paling sukses? 

Kedua, jabatan. Secara hirarki karir pustakawan itu kalau mau disimpulkan, ya kepala perpustakaan. Anda yang pernah menduduki ditingkatan ini, sudah merasa sukseskah? Oh iya, satu lagi diplat merah mungkin kita kerucutkan karir tertinggi itu menjadi pustakawan utama atau katakanlah pustakawan senior dengan pangkat/golongan yang cukup tinggi, bahkan hingga mentok 4E. 

Ketiga, karyanya. Kalau membahas masalah karya, itu konteksnya luas. Jenis dan outpunya juga luas. Tapi, sejatinya karya itu tentu saja esensinya pada manfaat. Jadi, sejauh mana karya itu bermanfaat?

Keempat, penghasilan. Menyoal ini, masih banyak yang diskusi terkait penghasilan seorang pustakawan. Apakah penghasilan tinggi seorang pustakawan termasuk dalam kategori sukses juga? 

Kelima, dedikasi. Khusus yang ini akan berkaitan dengan idealisme seseorang dalam menjalani pekerjaannya sebagai seorang pustakawan. Bagaimana dengan anda? 

Keenam, tempatnya bekerja. Bisa jadi anda merasa sukses apabila bekerja sebagai pustakawan di kantor atau organisasi atau perusahaan bonafide? Atau bahkan mempunyai perusahaan sendiri dibidang kepustakawanan misalnya sebagai konsultan. Bagaimana?

Enam itu saja dulu. Pastinya masih ada banyak parameter lainya yang belum saya sebutkan diatas misalnya merasa sukses apabila diundang kemana-mana sebagai pakar, menjuarai lomba kepustakawanan atau berbagai prestasi lainya, mempunyai kedudukan penting di organisasi kepustakawanan, mempunyai banyak teman akrab pemustaka, memiliki skill mumpuni dan lain sebagainya.

Satu hal yang perlu menjadi catatan penting, sepertinya menyoal sukses pustakawan itu, pasti tidak tunggal. Namun demikian, biasanya ada faktor dasar misalnya terkait mindset dan cita-cita setiap individu. Kalau teman-teman pustakawan bagaimana? Sudah merasa sukseskah? Atau belum? Atau merasa cukup saja dengan dalih yang sudah umum diucapkan oleh banyak orang, misalnya "ngalir saja seperti air."

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga sukses...

Sabtu, 02 April 2022

Perpustakaan dalam Film Nasional


Sebenarnya sudah banyak yang tahu jika setiap tanggal 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional. Tapi banyak yang belum tahu apa yang melatar belakangi kenapa di tanggal ini ditetapkan sebagai Hari Film Nasional. 

Selasa, 22 Maret 2022

Flexing Ala Perpustakaan

 

Beberapa minggu ini, dunia media sosial dihebohkan dengan kasus-kasus para crazy rich yang terkenal dengang konten-konten beraroma flexing. Di tengah himpitan ekonomi ditambah pandemi yang tak kunjung usai selama dua tahun belakangan ini, justru banyak orang yang melakukan flexing tanpa memikirkan perasaan orang lain. 

Selasa, 08 Maret 2022

Musik dan Perpustakan

 


9 Maret ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional, bertepatan dengan lahirnya WR. Soepratman, tepatnya 9 Maret 1903. Berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No. 10 Tahun 2013, tanggal lahir pencipta Lagu Indonesia Raya ini, ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional. Seperti kita ketahui, lagu Indonesia Raya didengarkan pertama kali saat Kongres Pemuda ke II, tanggal 28 Oktober 1928.

Senin, 07 Maret 2022

Representasi Pustakawan Perempuan dalam Film Asia


Setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Hari Perempuan Internasional diperingati untuk merayakan berbagai prestasi perempuan dari berbagai bidang: sosial, ekonomi, budaya, dan politik. 

Senin, 21 Februari 2022

Membuang Sampah Pada Tempatnya


Selain Hari Bahasa Ibu Internasional, pada tanggal 21 Februari juga diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Peristiwa untuk mengenang tragedi longsor sampah di TPA Luewi Gajah, Cimahi. Tepatnya pada tanggal 21 Februari 2005. Hujan lebat selama beberapa hari mengakibatkan longsornya tanah di tempat pembuangan sampah ini. Selain merusak rumah warga sekitar, juga menewaskan banyak warga yang menembus angka ke seratus. Tentunya ini menjadi salah satu kejadian yang memprihatinkan. Bencana akibat kelalaian manusia.

Minggu, 20 Februari 2022

Menyelamatkan Bahasa Ibu


Banyak yang belum tahu jika pada tanggal 21 Februari dideklarasikan sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional. Tepatnya tanggal 21 Februari 1999, dinyatakan resmi oleh UNESCO.