Sabtu, 02 Februari 2019

Jangan Jadi Pustakawan Sekolah, Berat. Biar Aku Saja.


Tepat sembilan tahun yang lalu, Januari 2011. Hari H itu datang. Saya dapat SK jadi abdi negara, tentunya juga sebagai pustakawan, hehe… Huaaa…rasanya beraaaattt…kerjaan di kampus belum beres. Saya juga gak tega resign. Masalahnya mencari pengganti pustakawan itu susah banget loh, gak kayak profesi-profesi lain. Bisa dibilang mahluk langka, hahaha.. x))

Selama masa pembekalan CPNS sebulan, saya masih bolak-balik ke kampus. Pokoknya Februari adalah hal teribet dalam hidup saya. Gak sempet baca, apalagi posting review. Bahkan Ibu Peri, Endah Sulwesi pernah kirim wall di Group Pembaca Serambi menanyakan keberadaan saya yang menghilang bagai ditelan bumi. Gak sempet online… :p
Pertengahan Maret, mulai aktif bekerja di Perpus Sekolah. Sebenernya jauh dari harapan saya. Dulu ngebayanginnya ditempatkan di Perpustakaan Daerah. Jujur, saya sampe nangis gak mau diambil aja. Kayaknya saya emang gila, jadi abdi negara malah emoh. Saya udah ngebayangin…ampun…perpustakaan sekolah kalo negeri yaaaa….gitu deh…hidup segan mati tak mau. Sebenernya di kampus dulu juga keadaannya begitu, tapi saya ‘teror’ para petingginya, mereka merespon positif karena perpus juga sebagai penentu akreditasi sebuah kampus. Lha kalo di sekolah?? Bisa dibayangin kan, mau saya ‘teror’ juga percuma. Dana pasti minim. Pengadaan buku cuma pembelian dari dana BOS, itupun belum tentu tiap bulan. Bagi kebanyakan sekolah negeri, keberadaan sebuah perpustakaan kurang diperhatikan. Mana sekolahnya pelosok pula, jauh di ujung. Apalagi sekolah tempat saya bekerja ini; mewah alias mepet sawah, hahaha… x))
Dugaan saya benar. Perpustakaan yang saya tempati persis seperti yang saya bayangkan. Ruangannya hanya satu kelas, kipas anginnya hanya satu, meja baca pun juga hanya satu, suram dan kumuh (awal-awal kerja sering menemukan tikus, bahkan ada tikus yang nongkrong di laci lemari, hiii….), buku-buku paket di lemari dan rak penuh sesak dari jaman kapan, rak-rak penuh rayap, jendela penuh debu, langit-langit sawangan, dan… masih manual. Saya juga menemukan beberapa barang yang seharusnya tidak di perpustakaan; karungan beberapa semen, cangkul, dan beberapa lemari ‘titipan’ yang bukan milik perpustakaan. Sudah bisa dipastikan murid yang datang ke perpustakaan hanya hitungan jari, itupun itu-itu lagi muridnya. Saya ditantang bapake, PUSTAKAWAN itu harus bisa mengubah PERPUSTAKAAN menjadi menarik.  Percuma  ada pustakawan kalo perpustakaannya gak berubah. Jleeebbb!! 
Setelah dua minggu kena shock dengan keadaan, saya mulai semangat di bulan April. Pelan-pelan buku yang ada dientri secara komputerisasi, dipasang barcode satu per satu. (Terima kasih program SLIMS.) Buat nambah koleksi, murid-murid kelas XII yang lulus diwajibkan nyumbang buku. Ini aja banyak yang gak mau, karena dulunya gak pernah ada. Pokoknya nyumbang buku bebas, gak harus baru yang penting bisa dibaca. Targetnya semester baru, Juli harus sudah sistem otomasi. Agak susah memang mengubah kebiasaan sikap disiplin murid. Jika sebelumnya saat manual, murid yang pinjam dan mengembalikan buku susah dideteksi. Kadang pinjem udah ngaku balikinlah. Nah, dari sistem barcode ini perpus bisa dapat pemasukan karena sistem denda sudah berjalan otomatis. Saya belikan buat buku-buku fiksi modern yang sebelumnya cuma ada buku-buku sastra zaman kapan (zaman saya pun belum lahir kayaknya, hahaha…). Sebagai rangsangan buat baca diperpus, uang denda juga disisihkan buat beli majalah Gadis, Kawanku, Cinta Cinta, Alia, Hidayah, Intisari dan lain-lain yang edisi lama. Yang penting ada dulu, itupun muridnya udah rebutan. Yang baru biasanya koleksi saya pribadi (sekitar seratusan novel yang dibawa dari rumah, dipilih yang sekiranya cocok jadi bacaan remaja). Awalnya hanya sementara, tapi antusias murid yang seperti haus bacaan, membuat saya harus merelakan buku-buku itu menjadi koleksi perpustakan sekolah (bahkan sampai sekarang, jika mendapat novel kiriman penulis maupun penerbit, asal sesuai dengan segmentasi remaja, biasanya akan saya jadikan koleksi perpustakaan sekolah bukan koleksi pribadi dengan tujuan makin banyak yang membaca buku tersebut. Semakin banyak yang baca kan semakin bermanfaat. Memang sih beresiko rusak, bahkan hilang. Tapi saya berprinsip yang hilang selalu akan berganti. Dan alhamdulillah sampai sekarang buntelan buku datang masih mengalir. Bagaimana cara mendapatkan buku gratis? Nanti akan dibuat postingan khususnya.

Alhamdulillah, semakin melonjak jumlah murid yang datang ke perpustakaan. Meskipun gak semua niatnya baca. Ada yang wifi-an sekedar buka media sosial, nonton TV, ngerjain tugas, cuma curhat, yang ngecengin kakak kelas juga ada, hahaha… Ya, cara pertama membuat murid tertarik untuk datang ke perpustakaan bukan tiba-tiba langsung ke minat baca, tapi bagaimana mereka nyaman dulu untuk datang ke perpustakaan.
Setelah berkali-kali mendesak Kepala Sekolah, akhirnya perpus dikasih dana khusus beli buku-buku fiksi. Senangnyaaaa….ini rekor karena sebelumnya gak pernah ada buat pengadaan buku fiksi. 
Korden saya cuci sendiri. Bayangkan, terakhir kali dicuci tahun 2009, ampyuuunnn… Bahkan sampe sekarang, saya setiap hari masih beres-beres ruangan (menyapu, mengepel, mengelap, dan sebagainya). Ada tukang bersih-bersih?? Bangkrut juga kalo tiap hari dimintai tolong musti ada uang rokoknya. Mending minta bala bantuan murid-murid buat nempel-nempel label, gunting-gunting barcode, shelving, dll. Dikasih gorengan ama jus aja mereka udah seneeenng banget! Malah kadang ada yang sukarela menawarkan diri membantu, lumayanlah…  :p
Selama bulan-bulan itu, saya masih nyambi di kampus. Pagi ampe siang, di sekolah. Siang ampe sore di kampus. Lewat AGUSTUS udah gak bisa bagi waktu karena sekolah jam belajarnya ditambah sampe sore. Akhirnya yang kampus dilepas.
Pasca lebaran, SEPTEMBER & OKTOBER kedatangan ribuan buku-buku pelajaran baru dari Pusat dan Kota. Padahal buku-buku yang terdahulu belum selesai di barcode. Banyak juga yang belum tersentuh, bahkan belum diinventarisasi. Gimana ini?!? Saya udah kayak tukang sate, semua dikerjain sendiri. Mulai dari pelayanan hingga pengolahan. Buku yang baru gak ada rak, ruangan juga gak muat menampung murid-murid, ditambah lagi selama ini perpus buat lapak beberapa guru tertentu  yang (ehem) istirahat pula.
NOVEMBER, hampir tiap hari saya ‘meneror’ kepala sekolah. Minta ruangannya ditambah. Ruangan sebelah kiri yang kosong minta dijebol biar perpusnya lapang. Ternyata perpus harus bersaing dengan yang lain; lab bahasa, ruang UKS, dan yang menang adalah ruang untuk orang Korea yang akan meneliti sekolah selama dua tahun. Sembari menunggu ruangan ditambah, buku-buku jaman dahulu kala yang sudah tidak sesuai kurikulum, saya weeding alias disiangi. Biar gak buat rumah tikus! >.<
Saya masih belum putus asa, akhirnya ruang sebelah kanan yang kosong dijebol jadi milik perpus (meski jatahnya hanya separuh, separuhnya lagi ruang puskom). DESEMBER selesai stock opname tepat sebelum ujian semester. Ruangan di cat ulang. Ruang separuh itu dijadikan ruang buku. Ruangan baca jadi lapang karena format lesehan menggunakan karpet dengan tambahan beberapa meja pendek. Meskipun belum bisa disebut sebagai perpustakaan yang layak, setidaknya udah beda jauh dengan apa yang disebut gudang x))
Jangan Jadi Pustakawan Sekolah, Berat. Biar Aku Saja....

Ditulis oleh
Luckty Giyan Sukarno
Pustakawan SMA Negeri 2 Metro, Lampung

2 komentar: