Rabu, 20 Februari 2019

Pustakawan Bagaikan Seorang Ibu

Sangatlah penting kehadiran dan peran pustakawan dalam menjaga kelangsungan perpustakaan."
Oleh: Rahayu, S.Pd., S.l.Pust.*

Semua orang memiliki ibu. Setiap orang sayang dan dekat dengan ibunya. Tanpa ibu ia tidak akan lahir ke dunia, besar dan tumbuh menjadi manusia sejati.

Ibu adalah sosok yang mulia karena mengemban tugas melahirkan, merawat, dan memelihara generasi baru manusia. Tugas yang diembannya sangat berat tetapi mulia. Ibu dengan sepenuh hati menjalaninya. Kehadiran ibu sangat penting bagi manusia. Tanpa ibu tidak akan ada kehidupan manusia.

Ibu
Credit: Openclipart

Demikian pula halnya dengan perpustakaan. Ia tidak akan ada tanpa ada yang memelihara, merawat dan mengembangkannya. Itulah peran pustakawan yang sepenuh hati mengemban tugas mulia ilmu pengetahuan.

Cobalah lihat di perpustakaan. Bisa dipastikan ada peran pustakawan yang memelihara, merawat dan mengembangkan bahan pustaka. Tiada henti pustakawan mempromosikan koleksinya supaya dikenal masyarakat dan lingkungannya.

Ada perpustakaan yang kurang beruntung. Tidak ada pustakawan yang merawat, memelihara, mengembangkan apalagi mempromosikan koleksi. Ibarat hidup segan mati tak mau. Demikian peribahasa menggambarkan situasi itu.

Maka sangatlah penting kehadiran dan peran pustakawan dalam menjaga kelangsungan perpustakaan. Hal ini sangatlah penting untuk kehidupan manusia yang terus berkembang ilmu pengetahuan dan peradabannya.

*Penulis adalah Pustakawan STIKes Budi Luhur Cimahi

1 komentar:

  1. Pustakawan Bagaikan Seorang Ibu,.... Judul yang menarik..tanpa ada yg merawat buku akan rusak dan tak beraturan,.. sungguh engkau memberi kenyamanan bagi kami yg hobi ke perpustakan, meminjam buku dgn gratis dan dilayani dgn baik.

    BalasHapus