Kamis, 28 Maret 2019

14 Tipe Pemustaka yang Datang ke Perpustakaan Sekolah


Bekerja di perpustakaan sekolah kurang lebih delapan tahun, lambat laun bisa mengenali berbagai jenis pemustaka yang datang ke perpustakaan sekolah. Siapa sajakah itu?!?
1.     Tipe Rajin
Tipe ini biasanya datang sebelum perpustakaan buka, dan pulangnya musti diusir ‘halus’ saat perpustakaan tutup. Yang kayak gini biasanya karena lagi ngerjain tugas atau mencari referensi.

2.    Tipe Mendadak Rajin
Bedanya dengan tipe poin pertama adalah jika tipe rajin adalah yang memang benar-benar rajin ke perpustakaan, sedangkan tipe mendadak rajin ini biasanya datang ke perpustakaan di kala musim tugas yang sudah mepet deadline, musim ujian maupun remedi. Tipe jenis ini yang paling menyusahkan perpustakaan, mendadak tumpah di perpustakaan demi nilai pelajaran.


3.    Tipe Kutu Buku
Bisa dipastikan tipe ini adalah pemustaka yang hampir tiap hari pinjam buku ke perpustakaan atau pun membaca langsung di perpustakaan.

4.    Tipe Pamrih
Pamrih di sini maksudnya kalo bantuin pustakawannya pasti ada maunya. Salah satunya agar bisa mendapatkan reward pengunjung terbaik atau karena biar nggak dimarahin ama pustakawannya kalo abis ngilangin buku, hahaha... x))

5.    Tipe Ikhlas
Kebalikannya dengan tipe pamrih, tipe ini membantu pustakawan tanpa mengharapkan apa-apa. Membantu tanpa disuruh, inisiatif sendiri. Hal yang bisa dilakukan adalah membantu labeling, menyampul buku maupun menempel barcode. Bahkan juga membantu dalam hal pelayanan; peminjaman maupun pengembalian buku.

6.    Tipe Penggembira
Pemustaka tipe ini biasanya membuat perpustakaan menjadi ramai. Mulai dari tingkah laku sampai celotehannya. Anggap-anggap aja ada pelawak srimulat yang tampil gratis x))
7.    Tipe Modus
Modus bisa ke sesama pemustaka alias tebar pesona atau juga modus ke pustakawan agar terpilih sebagai pemustaka terbaik
8.    Tipe Absen Aja
Ada, ada banget yang kayak gini. Masuk perpus hanya mau absen doank, biar namanya tiap hari terdata di list buku pengunjung perpustakaan.
9.    Tipe Vandalism
Ini tipe pemustaka yang sebenarnya kreatif jika tidak bisa dikatakan jahil. Vandalism bisa ditemui di lembaran-lembaran buku, maupun di sudut-sudut perpustakaan. Daripada menimbulkan coretan yang tidak jelas, perpustakaan memberikan kesempatan bagi tangan-tangan kreatif itu untuk memeperindah perpustakaan, salah satunya bisa membuat doodle, lukisan maupun book quotes yang menjadi pajangan perpustakaan.

10. Tipe Numpang Ngadem
Kebanyakan tipe ini adalah pemustaka yang merupakan anak kos. Pulang sekolah lebih memilih ngadem di perpustakaan daripada pulang ke kosan. Banyak juga yang sehabis olahraga, karena kepanasan habis berjemur di lapangan, ngadem di perpus menjadi pilihan. Nah, yang tipe begini yang bikin aroma perpustakaan terkontaminasi x))


11.  Tipe Numpang Wifi
Seiring berkembangnya zaman, perpustakaan musti dilengkapi dengan hal-hal yang berbau teknologi. Salah satunya adalah sarana pengadaan wi-fi yang sangat membantu pemustaka dalam pencarian referensi dalam mengerjakan tugas. Apalagi anak kos, wifi gratisan di perpustakaan tentu lebih hemat daripada mencari wifi gratisan di kafe yang minimal harus membeli makanan atau minuman paling murah sekalipun.
12. Tipe Rekreasi di Perpustakaan
Sekarang ini, sebagian sekolah di Indonesia sudah menerapkan kurikulum 2013 yang artinya berangkat pagi pulang sore. Hal ini tak jarang menimbulkan kebosanan para siswa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar di kelas. Salah satu hal yang bisa dilakukan di perpustakaan adalah menyediakan berbagai macam permainan yang mampu merefresh otak mereka setelah seharian belajar. Ada permainan uno stacko, catur, scrablle, dan masih banyak lagi.

13. Tipe Tukang Tidur
Masih menyambung dari tipe sebelumnya, para siswa sering kelelahan dalam belajar, maka ada beberapa siswa yang ke perpustakaan untuk istirahat sejenak. Favorit mereka adalah nyempil di sela-sela rak buku. Biasanya jarang saya bangunin, soalnya nanti bakal bangun sendiri, hahaha.. x))

14. Tipe Tukang Tjurhat
Tipe yang terakhir ini lumayan banyak. Kalau diperhatikan, yang datang ke perpustakaan sekolah malah lebih banyak yang tjurhat dibandingkan yang pinjem buku. Tjurhatannya pun beragam, mulai dari masalah pelajaran, keluarga dan yang paling banyak apalagi kalau bukan masalah cinta, hahaha… Entahlah, padahal sebenarnya sudah ada guru BK yang tugasnya menampung keluh kesah mereka, tapi malah lebih sering tjurhat ke pustakawan.. x))
Ada yang bisa menambahkan, tipe pemustaka apalagi yang bisa ditemukan di perpustakaan sekolah?!? :D

Ditulis oleh
Luckty Giyan Sukarno
Pustakawan SMA Negeri 2 Metro, Lampung

8 komentar:

  1. Numpang wifi, Ngeblog.. HAhaha.....

    BalasHapus
  2. Saya tipe mendadak rajin mas.

    ijin follow yah

    BalasHapus
  3. saya tipe kutu buku yang susah diusir. Bakalan pergi kalo asli memang perpus udah mau tutup tp gak nyadar karena keasikan baca buku.

    BalasHapus
  4. Kalau saya di perpustakaan lebih suka baca sebentar lalu izin membawanya pulang...

    Kalau tidak dikasih yaa bawa diam2 sampai selesai baru dipulangkan..😂😂😂

    BalasHapus
  5. Ngakak sy baca tipe2 diatas.. Apalg tipe tukang tidur ama ngadem.Inget jaman sekolah dl... Pernah apes gara"ngilangin buku perpus dan suruh ganti 😁😁😂

    BalasHapus
  6. aku tipe apa ya, jaman dulu sih belum ada perpus yang bagus jd malas ke perpus

    BalasHapus
  7. Kalau saya zama smp n sma tipe kutu buku deh, waktu dihabiskan buaat baca dsn pasti ga kelar terus diboyonb ke rumah

    BalasHapus
  8. Setuju banget dan aktual temamnya pas dg kondisi lapangan

    BalasHapus