Kamis, 25 April 2019

Pertemuan Forum Perpustakaan SD/MI di Sragen

Oleh: Lala*

Hari Kamis, 18 April 2019 Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Budaya Kabupaten Sragen mengadakan sosialisasi dan diskusi tentang kepustakawan yang bertempat di Aula Koperasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kabupaten Sragen dengan sejumlah 40 peserta.

Pertemuan Forum Perpustakaan SD/MI


Yang hadir dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen Bapak Hadi Sutopo (Kepala Bidang SD) dan Bapak Indri (Bag. Kurikulum). Sedangkan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan, Ibu Dwi Astuti (Kabid. Pembinaan dan Pengembangan Arsip dan Perpustakaan), Bapak Romi Feriyanto Saputro (Kasi. Pembinaan Arsip dan Perpustakaan) dan Dewi Nurlaila Cahya Sari (Pustakawan) sebagai Narasumber diskusi tentang “Tertip Administrasi Perpustakaan.”

Pertemuan Forum Perpustakaan SD/MI

Diskusi kali ini asyik dan menyenangkan karena terkait pengangkatan CPNS (Calan Pegawai Negeri Sipil) dan P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak) yang baru anget-angetnya. Bapak Hadi Sutopo memberikan sosialisasi tentang usulan formasi pustakawan untuk Kabupaten Sragen tidak di acc oleh pusat. Formasi pustakawan yang tidak ada di Kabupaten Sragen bukan kesalahan dari BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) maupun Dikbud, karena dua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tersebut sudah mencoba mengusulkan tetapi dari pusat di acc.

Ketua Forum Komunikasi Perpustakaan SD/MI Kabupaten Sragen, Ari Setyawan bertanya tentang sarana dan prasarana perpustakaan yang belum memadai. Dijawab langsung oleh Bapak Hadi Sutopo, kenapa sarpras di perpustakaan begitu? dikarenakan belum semuanya memiliki dana untuk membangun gedung perpustakaan. Dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen sudah mengusulkan pembangunan gedung untuk Kesolahan dengan kriteria yang benar-benar roboh. Untuk dana sarpras selain untuk gedung bisa dianggarkan dari dana sekolah bersangkutan sendiri.

Pertemuan Forum Perpustakaan SD/MI

Dari Narsumber mengisi tentang tertipnya administrasi perpustakaan sekolah, untuk menyongsong lomba perpustakaan sekolah tingkat SD yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2019. Adiministrasi terdiri dari Profil Perpustakaan Sekolah (SK Pendirian, SK Kepala Perpustakaan, SK pustakawan, struktur organisasi, NPP, program kerja, sarpras, dll), standar luas gedung, koleksi buku minimal 1000 eksemplar, pembagian ruang, waktu jam buka, statistic, promosi, kerjasama serta Standar Operasional Prosedur Perpustakaan.

*Pustakawan Arpusda Sragen

0 komentar:

Posting Komentar