Rabu, 07 Oktober 2020

Pustakawan Berdaya


Bermula saat masa pendemi Covid-19 muncul. Sebagai pustakawan Bulan sempat berpikir bagaimana melakukan layanan perpustakaan kepada pengguna sementara perpustakaan tutup atau dibuka secara terbatas. Layanan secara fisik di mana pemustaka hadir ke perpustakaan, membaca, menulis, berdiskusi, bahkan meminjam buku tidak sebebas dahulu kala. Perpustakaan khusus yang dikelola oleh Bulan bakal makin sepi saja. Bulan tidak mati gaya. Dia terus berpikir, kira-kira layanan apa yang dapat diberikan perpustakaan.

Perpustakaan yang dikelola Bulan ini memang perpustakaan khusus. Tentu saja koleksi dan penggunanya juga khusus. Kebanyakan adalah para pegawai di lingkungannya. Ada juga masyarakat umum yang menggunakannya tetapi sejauh ini jumlahnya tidak terlalu banyak. Para pegawai memiliki kesibukannya masing-masing. Apalagi masa pandemi ini dengan diberlakukannya bekerja dari rumah atau wfh (work form home) praktis perpustakaan semakin sepi.

Jauh sebelum adanya pandemi covid-19, perpustakaan yang dikelola Bulan sudah hadir ke meja penggunanya. Ada layanan antar jemput buku bagi para pemustaka. Ada katalog daring yang bisa diakses kapan saja. Ada perpustakaan dalam genggaman (android) yang sudah di “create” dan beroperasi bagi pengguna secara luas. Semua layanan ini semata demi perpustakaan dapat memberikan layanan prima kepada pemustakanya. 

Sebagai pustakawan, Bulan masih belum puas. Dia belum melakukan kajian untuk melihat sejauh mana layanan perpustakaan selama ini benar-benar dimanfaatkan oleh pemustaka. Dia teringat, ada satu layanan perpustakaan yang makin mendekatkan dan mengakrabkan perpustakaan dengan penggunanya. Ya, layanan referensi. Apalagi pemustakanya sebagain besar adalah para peneliti. Fungsi sebagai pustakawan rujukan bisa dimaksimalkan di sini. Nah, mulailah Bulan merancang layanan ini.  

Dibuatlah sebuah flyer yang berisi informasi layanan penelusuran literatur berikut link permohonannya. Layanan ini diperuntukkan  bagi para pengguna perpustakaan baik dari kalangan pegawai sendiri, peneliti, dosen, guru, mahasiswa, ataupun masyarakat umum yang membutuhkan referensi apa saja yang diperlukan dalam aktivitas mereka.

Yup, flyer sudah jadi. Siap dikirim dan dishare ke instagram perpustakaan yang memiliki follower sekitar 2000an orang dan grup WA pemustaka. Tak disangka respon yang muncul di luar dugaan. Dalam sehari bisa masuk permintaan penelusuran literatur hingga mencapai  ratusan. Bulan dan tim sempat panik. Menggembirakan sekaligus mendebarkan. Menggembirakan karena perpustakaan masih dibutuhkan mereka. Mendebarkan karena sanggupkah melayani permintaan sebanyak ini.

Bulan dan tim bermusyawarah. Alhamdulillah sebuah solusi ditemukan. Semua request dari pemustaka dibagi bersama dalam tim. Lalu dibuatlah ketentuan-ketentuan yang mengatur layanan tersebut mulai dari hari dan jam layanan, permintaan literatur yang spesifik, kuota permintaan, dan eksekusi layanan termasuk nomor whatsapp admin perpustakaan yang bisa dihubungi.

Selama beberapa waktu, Alhamdulillah layanan ini berjalan dengan baik dan lancar. Semua permintaan literatur atau informasi yang dibutuhkan pemustaka dapat dipenuhi oleh Bulan dan tim. Bekerja dalam tim adalah bekerja sama. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Ah, Bulan dan tim merasa berdaya kini. Meskipun kerja dari rumah tetapi tetap produktif bahkan semakin dekat dengan pemustakanya.  Ada kebahagiaan yang tak bisa terucap dengan kata-kata.

Ya, pandemi telah memaksa pustakawan  turun gunung, menemui masyarakat penggunanya dengan hadir lebih dekat kepada mereka meskipun secara daring.  

Bravo buat Bulan dan tim. Di manapun dan kapanpun pustakawan siap mengabdi untuk bangsa dengan memberikan layanan terbaiknya. Kebutuhan mereka terpenuhi, aktivitasnya menjadi lancar dan sukses. Mereka bahagia dan pustakawan pun ikut bahagia.


4 komentar:

  1. Halo,
    Nama saya ANITA LANSAM (lansamanita@gmail.com) dari Tambun, Indonesia Saya mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Avants Loans yang telah memberikan pinjaman kepada saya sejumlah Rp280.000.000,00. Bagi yang sedang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena banyak sekali lender palsu dimana-mana, hanya sedikit yang asli. Saya mengatakan ini karena saya scammed hampir Rp40jt. Hanya PINJAMAN AVAN yang nyata dan tepercaya karena mereka mentransfer pinjaman saya ke rekening saya tanpa menghabiskan banyak waktu. Mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi AVANTS LOAN melalui
    Email: (avantloanson@gmail.com)
    Whatsapp: (+6281334785906)

    BalasHapus
  2. Salam pembuka
    Nama saya Arif Hidayat
    Sudah dua tahun saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Pinjaman AVANT memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan cicilan pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Bu Deborah bahwa saya ingin melanjutkan ekspansi bisnis sehingga saya mengajukan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak ada tantangan dengan pihak bank karena tim pengelolaan pinjaman terbatas Bu Deborah dan Avant sudah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, jadi tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  3. Halo,
    Nama saya ANITA LANSAM (lansamanita@gmail.com) dari Tambun, Indonesia Saya mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Avants Loans yang telah memberikan pinjaman kepada saya sejumlah Rp280.000.000,00. Bagi yang sedang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena banyak sekali lender palsu dimana-mana, hanya sedikit yang asli. Saya mengatakan ini karena saya scammed hampir Rp40jt. Hanya PINJAMAN AVAN yang nyata dan tepercaya karena mereka mentransfer pinjaman saya ke rekening saya tanpa menghabiskan banyak waktu. Mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi AVANTS LOAN melalui
    Email: (avantloanson@gmail.com)
    Whatsapp: (+6281334785906)

    BalasHapus
  4. Selamat siang untuk semuanya, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya Bu Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya dengan Bu Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Nyonya Deborah. Jadi saya menghubungi Bu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman Rp 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu bercanda sampai saya mendapat telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Bu Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, maka saya menyarankan siapa saja yang berminat untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Bu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) atau via WhatsApp: +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    BalasHapus