Rabu, 30 Januari 2019

Sosok Pusta-kawan Di Belakang Layar Perusahaan Swasta.



Semakin besar perusahaan, semakin rumit juga struktur organisasi dan komunikasi antar individu yang bekerja didalamnya. Perkembangan perusahaan menjadi besar, tidak luput dari berkembangnya pola-pola manajerial yang tumbuh. Sehingga para direksi membutuhkan sosok tangan kanan pemegang hak akses informasi yang tidak terbatas sehingga dapat memberikan sebuah saran dan pendapat dalam pengambilan keputusan di Perusahaan. Pengambilan keputusan yang tidak berdasarkan riset yang mendalam (riset informasi secara external maupun internal) akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi tumbuh kembang perusahaan tersebut. Selain itu, para karyawan yang menggantungkan hidupnya pada perusahaan tersebut pun akan terpapar dampak nyata yaitu penurunan tingkat pendapatan.


Apa hubungannya tulisan diatas dengan pustakawan? Kalau kita berbicara data, riset, informasi dalam dunia akademisi pasti akan terlintas dibenak kita tentang perlunya pustakawan (eh..saat ini udah ada google yah?). Tetapi, sebuah perusahaan besar dan berkembang ternyata sangat memerlukan pustakawan. Walaupun sebetulnya secara struktur patut dipertanyakan, ngapain pustakawan nyasar di perusahaan swasta, ngapain sih? Bukannya tugas pustakawan itu hanya ada di sekolah, kampus, atau lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, sedikit lebih aneh mungkin pustakawan yang ada di kantor hukum (law firm), atau lembaga khusus pemerintahan.

Apabila kita mengenal yang namanya profesi Corporate Secretary yang berperan sebagai "pembisik" bagi para direksi dan komisaris perusahaan, maka pustakawan merupakan tangan kanan dari posisi tersebut. Pustakawan lah yang mengelola sejumlah data, sehingga menjadi komposisi informasi yang pas untuk memberikan "bisikan".

Sosok pustakawan dalam perusahaan adalah sosok kunci dalam memberikan saran, informasi dan data yang valid bagi pemangku kepentingan perusahaan dalam menjalankan roda ekonomi perusahaan. Karena tuntutan kecepatan dan keakuratan informasi juga data yang diperlukan perusahaan, sehingga membutuhkan pustakawan yang memang secara alamiah pustakawan adalah sosok yang sangat teratur, rapih, sehingga apabila pemangku kepentingan membutuhkan data yang disimpan, mereka dengan sangat mundahnya menemukan data dan informasi tersebut.

Hanya saja, kebutuhan pustakawan dalam dunia bisnis perusahaan dan investasi di Indonesia belum terlalu dilirik dan dilihat. Sosok pustakawan dalam perusahaan lebih banyak berdiam diri, kenapa? Karena mereka merupakan penjaga aset rahasia dari perusahaan.




0 komentar:

Posting Komentar