Sabtu, 06 April 2019

Client Ku Master di UNS: Persfektif Inklusi Sosial

Oleh:  Juli Purnawati*

Tulisan ini terinspirasi oleh seorang pengguna Perputakaan Cabang Fakultas Hukum bernama Kukuh Murti Supomo (beliau sekarang Dosen di FH UNS), ketika saya bertugas di Perpustakaan Fakultas Hukum beliau adalah salah satu mahasiswa yang paling aktif berkunjung di perpustakaan. Dalam pergaulan di kampusnya beliau aktif di organisasi, kepanitiaan dan kegiatan sosial lainnya. Khusus dalam keanggotaan perpustakaan beliau client, yang sangat aktif dilihat dari tingkat kunjungan maupun peminjaman buku.

Biasanya beliau menyempatkan dulu membaca beberapa lembar sebelum melakukan peminjaman buku-buku yang dibutuhkan. Kebutuhan akan bahan bacaan mengharuskan beliau untuk rutin berkunjung ke Perpustakaan di FH USU. Dibanding teman-teman sekelas dan seangkatannya kala itu beliau sosok yang sangat rajin, untuk tingkat peminjaman buku jangan ditanya beliau selalu berada di peringkat pertama.

Perjanjian Transnasional

Dalam sekali proses transaksi beliau bisa langsung meminjam sebanyak 10 eks sekaligus. Tidak sampai satu minggu beliau sudah mengembalikan buku-buku tersebut dan langsung meminjam buku-buku lain dengan subjek yang berbeda. Ketika itu dalam benak saya berkata, “wah mahasiswa ini luar biasa, mungkin suatu saat ia akan menjadi seorang pemikir yang sukses di bidang Hukum” karena kebiasaan dan kegemarannya dalam membaca, begitu gumam saya.

Ternyata apa yang saya pikirkan 10 tahun yang lalu sekarang sudah terbukti, beliau kini sukses dalam karirnya. Menjadi Dosen di Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret dan sudah melahirkan buku yang berjudul Perjanjian Transnasional di Bidang Keuangan Negara. Buku ini merupakan salah satu karya tulis beliau yang sudah terbit dan sudah di perjual belikan. Semoga dengan mengangkat tulisan ini akan melahirkan penulis-penulis, pakar dan tokoh handal di bidangnya sesuai dengan kompetensinya. 

Mengutip moto dari Mas Wahid Nashihuddin, “ Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna”. Demikian tulisan ini semoga dapat menginspirasi dan salam literasi. 

*Penulis Pustakawan Perpustakaan USU
Blognya bisa dibaca disini:https://purnawatijuli.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar