Kamis, 10 Februari 2022

Jurusan Ilmu Perpustakaan, Belajar Apa Saja?!?


Jadi kira-kira sebulan yang lalu bertebaran video potongan Podcast Deddy Corbuzier viral di kalangan grup-grup pustakawan karena seseorang yang melabeli dirinya Smart People itu tidak tahu Jurusan Ilmu Perpustakaan x))

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita pelajari dari jurusan ini. Memang tidak semua universitas atau perguruan tinggi dan yang sederajat memiliki jurusan ini. Dan tiap universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini pun menyuguhkan mata kuliah yang berbeda, mungkin disesuaikan dengan fakultas yang menaunginya.

Misalnya saja di Ilmu Perpustakaan UNPAD tempat sayamenempuh kuliah S1. Jurusan ini di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi yang artinya juga kita banyak belajar tentang Ilmu Komunikasi meski secara umum, tidak sedetail mereka yang mengambil Jurusan Ilmu Komunikasi yang nantinya akan dipecah lagi menjadi beberapa subjurusan: Jurnalistik, Hubungan Masyarakat dan Manajemen Komunikasi. Di Fakultas ini, untuk S1-nya sekarang juga ada Jurusan Televisi dan Film.

Jurusan ini, untuk di UNPAD, semenjak tahun 2020 berubah nama menjadi Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi. Tentunya mengalami beberapa mata kuliah yang dipelajari. Jika saat saya kuliah di tahun 2004-2009 masih separuhnya belajar Ilmu Komunikasi, setelah saya pelajari untuk sekarang ini, mata kuliah untuk jurusan ini didominasi tentang seputaran perpustakaan dan informasi.

Beberapa mata kuliah yang dulu tidak ada adalah Manajemen Institusi Informasi, Kebijakan Informasi, Arsitektur Informasi, Kapita Selekta Informasi dan Perpustakaan, Altmetrik, Dokumentasi Budaya, Manajemen Koleksi Elektronik. Sedangkan beberapa mata kuliah yang dulu dan sekarang masih ada adalah Public Speaking, Teknologi Komunikasi dan Informasi, Penulisan Artikel dan Resensi Media, Fotografi, Layanan Referensi, Layanan Informasi dan Perpustakaan, Klasifikasi, Katalogisasi, Pengembangan Koleksi, Sistem Temu Balik Informasi, Preservasi Media dan Informasi, Statiska Sosial dan masih banyak lagi.

Lain halnya dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia. Beberapa mata kuliah yang ada di sini adalah Kosa Kata Indeks, Metadata Untuk Temu Balik Informasi, Literasi Informasi, Pemasaran dan Kemas Ulang Informasi, dan sebagainya.

Begitu juga dengan Jurusan Ilmu Perpustakan di Universitas Pendidikan Indonesia. Beberapa mata kuliah yang ada di sini adalah Biblioterapi, Pengorganisasian Informasi, Sumber dan Layanan Informasi untuk Anak, Manajemen Museum, Sumber dan Layanan Informasi untuk Remaja, Sumber dan Layanan Informasi untuk Dewasa, Etika Profesi Pustakawan, Abstrak Indeks dan Thesaurus, Monitoring dan Evaluasi Perpustakaan dan Informasi, Kajian Keilmuan Perpustakaan dan Informasi, Perpustakaan Digital, dan sebagainya.

Jurusan Ilmu Perpustakan di Universitas Diponegoro, berbeda lagi. Beberapa mata kuliah di jurusan universitas ini adalah Kepustakawan Indonesia, Praktikum Database, Sumber dan Jasa Informasi, Integrated Skills, Perpustakaan Perguruan Tingggi, Perpustakaan Umum dan Khusus, Praktikum Multimedia, Kajian Pemakai, Internet dan Manajemen Masyarakat Virtual, Psikologi Perpustakaan dan Informasi, Desain dan Pengembangan Interior Perpustakaan, Infomatrik, Praktikum Desain Grafis, Manajemen Warisan Budaya, Multikutural Indonesia, dan sebagainya.

Di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta yang kampusnya berbasis agama, tentunya di Jurusan Ilmu Perpustakaan di universitas ini separuhnya belajar tentang ilmu-ilmu agama seperti Bahasa Arab, Fiqh dan Ushul Fiqh, Al-Quran dan Hadis, Ahlak dan Tasawuf, Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal, Tauhid, Sejarah Perpustakaan Islam. Sedangkan beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan Ilmu Perpustakaan adalah Manajemen Basis Data, Tipologi Perpustakaan, Katalogisasi Literatur Aksara Jawa, Sumber Rujukan, Informasi dalam Konteks Sosial, Katalogisasi Literatur Aksara Arab, Sumber Rujukan Islam, Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional, Dokumentasi Budaya Lokal, Perpustakaan Inklusif, Pembelajaran Berbasis Perpustakaan, Pengembangan Minat Baca, Teknologi Media, dan sebagainya.

Sedangkan Jurusan Ilmu Perpustakan di Univeritas Airlangga, beberapa mata kuliahnya adalah Tata Kelola Arsip, Analisis Subjek, Sistem Data Perpustakaan, Sistem Informasi Perpustakan, Informasi dan Aspek Psikologinya, Sumber dan Jasa Informasi, Pengembangan Koleksi, Penerbitan dan Distribusi Buku, Perancangan Komersial Elektronik, Jejaring Informasi Perpustakaan, Perancangan Aplikasi Perpustakaan, Desain Ruang Pusat Informasi, Analisis Informasi Bisnis, Konstruksi Portal Infomasi, Arsip Elektronik, Pengembangan Aplikasi Perpustakaan, Informasi dan Kelompok Khusus, Bibliometrika, Perilaku Informasi, Perpustakaan Digital, dan sebagainya.

Untuk di UNILA, jurusan ini ada D3-nya. Mata kuliah yang meliputinya adalah Katalogisasi Non Buku, Layanan Sirkulasi, Layanan Referensi, Statistik Perpustakaan, Analisis Informasi dan Bibiografi, Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi, Etika Profesi Pustakawan, Pelestarian Bahan Pustaka, Promosi dan Publikasi Perpustakaan, Penelusuran Informasi Kompleks, Psikologi Pemustaka, Perpustaakan Digital, Literasi Informasi, Seleksi dan Pengadaan Bahan Pustaka, Pengembangan Minat Baca, dan sebagainya.

Dan untuk Ilmu Perpustakaan di Universitas Syarif Hidayatullah, Jakarta beberapa mata kuliah yang sesuai keahlian ini adalah Pengantar Ilmu Perpustakaan, Referensi, Klasifikasi, Diskripsi Bibliografi Buku, Literatur Sekunder, Media Teknologi, Bahan Rujukan, Manajemen Perpustakaan, Pembinaan Koleksi Multimedia, Kepustakawanan Muslim, dan sebagainya.

Itu tadi beberapa uraian beberapa mata kuliah yang memiliki Jurusan Ilmu Perpustakaan. Dan sebenarnya masih banyak lagi universitas yang memiliki jurusan ini yang belum diulas.


0 komentar:

Posting Komentar